Pentingkah Cek Kesehatan ?

Assalammu’alaikum Warahmatullaahi Wabarokaatuh

Salam kenal dari Admin Habbaco99, panggil aja Ako – Admin Habacco99-. Ako dikasih tugas untuk berbagi informasi mengenai dunia kesehatan dan herbal. Buat sahabat ako yang suka sama informasi dari ako dan mau request topik, tulis di komen di bawah ya. Nah, kali ini ako akan membahas tema kesehatan yang menarik, yaitu :

Pentingkah Cek Kesehatan ?

Ako kutip dari rinakadarwati.com, di negara-negara berkembang umumnya masyarakatnya pergi ke dokter ketika ada keluhan, merasa ada yang sakit pada salah satu organ tubuhnya. Berbeda di sebagian negara maju, kesadaran masyarakatnya sudah lebih baik, mereka secara rutin memeriksakan kesehatannya.

Kita terkadang khawatir ketika menjenguk kerabat, sahabat, rekan kerja yang sakit baik di rawat di rumah maupun di Rumah sakit. Rata-rata mereka merasakan sakit tanpa di ketahui gejala sebelumnya.

Penyakit yang di deritanya bisa jadi sebenarnya sudah sejak lama ada dan telah memberikan sinyal bila dalam keadaan tidak fit. Sebagai contoh maagh, bila telat makan, perut akan terasa perih. Bila sudah begitu kita harus sudah mulai terapi lambung kita dengan tidak memakan makanan yang membuat lambung luka, dan menjaga pola makan, serta berolahraga.

Mencari Informasi

Di samping itu usaha yang tidak kalah pentingnya adalah berupaya mencari informasi tentang penyakit magh. Sehingga kita bisa mendeteksi dan menanggulangi penyakit sejak awal.

Begitu juga dengan penyakit degeneratif, hipertensi, diabetes dan jantung. Semuanya dapat kita deteksi lebih dini. Bahkan untuk kanker servick dan payudara pun juga bisa.

Untuk cek gula, kolesterol dan asam urat sekarang sudah ada alat yang bisa kita gunakan sendiri dirumah. Kita bisa melakukan cek sendiri dengan mengatur waktu yang kita bisa. Kalau lagi tinggi bisa kita pantau setiap hari. Kalau sudah terkendali bisa sepekan sekali.

Hasil cek kesehatan yang kita lakukan bisa kita jadikan rem dalam pola makan dan pola hidup. Misalnya saja ketika kita tes kolesterol, ternyata sedang tinggi, tidak usah panik, karena hasil tes terus berubah ubah sesuai pola makan. Bila tahu sedang tinggi, kita bisa batasi makanan yang mengandung kolesterol, kalau perlu hindari makanan yang mengandung minyak dan lemak. Barengi dengan olah raga. Minum suplemen pengurang kolesterol. Sehingga kolesterol kita bisa terus terkontrol.

Cek produk habbaco99 untuk menjaga daya tahan tubuh : 

Cek Kesehatan sangat penting. Walaupun ada biaya yang dikeluarkan, tetapi tidaklah sebesar bila kita berobat ke rumah sakit. Dengan cek kesehatan secara teratur, membuat kita dapat mengontrol pola makan kita. Sehingga penyakit bisa segera terdeteksi.

Komitmen

Meskipun alat cek kesehatan ada, cek paps smear dan Iva ada, bila kita tidak ada komitmen untuk menjalankannya tidak akan terealisasi dengan baik.

Banyak faktor yang membuat kita bisa komitmen menjalankan cek kesehatan secara teratur. Salah satunya adalah Kita harus memiliki _shihatul ghoyah_ atau tujuan yang lurus kuat hanya kepada Allah swt serta di barengi dengan quwwatul irodah (kehendak yang kuat). Quwwatul irodah atau tekad yang kuat untuk berkomitmen memeriksakan kondisi kesehatan secara rutin, agar kita bisa terus menerus berkarya, beribadah, menghasilkan _ahsanul ‘amala_ atau prestasi amal terbaik maksimal.

Ingatlah bahwa nabi Muhammad saw berkata, “Seorang mukmin yang kuat lebih dicintai Allah daripada orang mukmin yang lemah” (HR. Muslim no. 2664)

Nah, menurut ako, menjaga kesehatan merupakan bagian dari rasa syukur kita Kepada Allah swt, karena sesungguhnya Allah swt telah memberikan banyak KaruniaNya kepada kita semua. Bila sudah ikhtiar tapi sakit juga,  semoga menjadi bagian dari penghapus dosa kita. Biidznillah setiap sakit ada obatnya. Memohon kepada Allah, agar diberikan kesabaran dan kekuatan dalam menjalani sakitnya.

Mari kita terus menjaga amanah badan ini, agar sehat selalu, dan terus berupaya menjadi pribadi yang bermanfaat bagi umat manusia. Aamiin ya robbal’alamiin

Buat sahabat ako yang suka sama artikel ini, jangan lupa share dan komen dibawah ya. Terima kasih sudah berkunjung ke blog ako 😀 .

Wassalammu’alaikum Warahmatullaahi Wabarokaatuh

Share ya jika suka
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *