Manfaat Jamur Shiitake untuk Kolesterol

Manfaat Jamur Shiitake untuk Kolesterol

Manfaat Jamur Shiitake untuk KolesterolManfaat Jamur Shiitake untuk Kolesterol –  Jamur termasuk dalam tipe parasit fungus yang dapat tumbuh pada organisme lainnya termasuk manusia dan tumbuhan. Namun tidak semua jamur merugikan, beberapa jenis jamur kaya akan nutrisi dan dapat dimakan salah satunya jamur shiitake.

Jamur Shiitake

Jamur Shiitake (椎茸) (Lentinula edodes) atau jamur hioko dan sering ditulis sebagai jamur shitake adalah jamur pangan asal Asia Timur yang terkenal di seluruh dunia dengan nama aslinya dalam bahasa Jepang. Shiitake secara harafiah berarti jamur dari pohon shii (Castanopsis cuspidata) karena batang pohonnya yang sudah lapuk merupakan tempat tumbuh jamur shiitake.

Kandungan nutrisi pada jamur shitake

Satu butir jamur shiitake pada umumnya memiliki ukuran 5-10 cm dengan berat sekitar empat gram. Setiap 15 gram jamur shitake mengandung empat kalori yang berasal dari serat dan gula, serta mengandung satu gram protein. Dengan jumlah takaran yang sama, jamur shitake juga membantu memenuhi kebutuhan harian dari vitamin dan mineral di antaranya:

  • Vitamin B2 – mencukupi 11% kebutuhan harian
  • Vitamin B6 – mencukupi 7% kebutuhan harian
  • Vitamin B5 – mencukupi 33% kebutuhan harian
  • Vitamin B3 – mencukupi 11% kebutuhan harian
  • Selenium – mencukupi 10% kebutuhan harian
  • Mangan – mencukupi 9%  kebutuhan harian
  • Folat – mencukupi  6% kebutuhan harian
  • Vitamin D – mencukupi 6% kebutuhan harian
  • Zinc – mencukupi 8%  kebutuhan harian
  • Tembaga – mencukupi 39% kebutuhan harian

Manfaat Jamur Shiitake bagi Kolesterol

Konsumsi jamur shiitake dipercaya dapat menurukan kolesterol dalam darah. Hal ini berasal dari kandungan nutrisi penting dan beberapa komponen senyawa yang terkandung di dalamnya.  Menurut para peneliti di Lulea University of Technologi di Swedia,eritadenine, suatu senyawa dalam jamur shiitake memiliki kemampuan menurunkan kolesterol.

Jamur shiitake memiliki komponen khusus untuk membantu mengontrol kolesterol darah di antaranya eritadenine (menegah pembentukan kolesterol berlebih), sterols (mencegah penyerapan kolesterol) dan beta-glucan (jenis serat yang dapat menurunkan kadar kolesterol).

Jamur juga dikenal tinggi serat, tidak terkecuali jamur shitake. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jamur shitake dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah karena selain tinggi serat, juga memiliki senyawa anti-kolesterol sehingga dapat membuang LDL atau kolesterol buruk dari dalam tubuh.

Obat Herbal Kolesterol

Bacaan lainnya...

  • Manfaat HabbatussaudaManfaat Habbatussauda Manfaat Habbatussauda - Habatussauda merupakan tanaman semak belukar yang tumbuh liar pada setiap musim di beberapa kawasan seperti di utara Afrika, Asia dan Jazirah Arab. Dalam […]
  • Jamur Shiitake Jamur Shiitake Jamur Shiitake (椎茸) (Lentinula edodes) atau jamur hioko dan sering ditulis sebagai jamur shitake adalah jamur pangan asal Asia Timur yang terkenal di seluruh dunia dengan […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *